pesta UKM tanpa MENTERI UKM

Dahsyat luar biasa !

Perhelatan akbar para wirausaha Indonesia hari pertama berakhir  dengan sensasional, hari kedua besok kami berharap para peserta mendapatkan inspirasi yang lebih hebat lagi dari event ini.

Acara Pesta Wirausaha 2012 di gedung SMESCO hari ini. terasa sekali  sebagai  pestanya para UKM dan pengusaha serta para calon UKM di Indonesia.  Terasa kemeriahan baik di  ruang seminar utama, di gelaran expo bahkan "free business classes"  meluber sampai keluar ruangan karena dalam ruang sudah penuh sampai lesehan dan berdiri berhimpitan hanya karena ingin belajar banyak bagaimana menjadi pengusaha yang sukses.  Ribuan orang datang dengan satu motivasi...ingin menjadi pengusaha berhasil yang bisa berkontribusi bagi keluarga dan  negara.

100 % salut untuk para panitia -yang di komandani presiden TDA Muhammad Rosihan- bisa membuat event ini berjalan sukses, Setelah beberapa kali membantu penyelenggaraan pesta wirausaha sebelumnya, untuk tahun ini  saya mohon maaf hanya bisa menjadi tamu undangan saja, bukan karena sombong dan belagu udah jadi orang kaya (amiin..) namun karena tahun ini saya punya momongan 2 bisnis yang baru kami lahirkan, untuk itu mohon maaf dan mohon doa restunya dari para rekan semua untuk bisnis-bisnis baru tersebut. (eits jadi curcol deh...he..he..).

Pagi hari setelah acara dibuka dengan sederhana, kita disuguhi kekagetan ala TDA, Pak Chairul Tanjung menggebrak di sesi pertama, padahal jadwalnya disore hari...no problemo bagi kami..seperti juga di dunia bisnis yang peka akan segala perubahan, tidak ada yang protes atas perubahan ini.... kami asyik menyimak  pandangan berbisnis CT yang fenomenal, termasuk ketika membahas analisa beliau akan bisnis inovatif yang disajikan para finalis inovasi bisnis TDA, sangat inspiratif, kata kuncinya INOVASI OUT OF THE BOX ,  dan  clue untuk  bisnis di masa depan ala CT :  FOOD-ENERGY - WATER.

Pak Heppy Trenggono dan Bang Sandiaga Uno serta  perwakilan BNI yang luarbiasa  berturut-turut memberikan inspirasi  bagi para pengusaha, beragam insight hadir dan yang penting adalah kita seakan bisa mengintip sedikit akan masa depan perkembangan bisnis global dan di Indonesia dan apa yang mesti kita siapkan untuk meraihnya.

Setelah wejangan pak Jamil, maka mucul pula kejutan ala TDA berikutnya,  hadir Dahlan Iskan !, Menteri Negara BUMN.  Entah sebagai apa kapasitasnya, karena  tidak sedikitpun namanya muncul di jadwal acara hari itu dan hari besok... Surprise yang membuat hati ini tercekat.... lho koq ada menteri yang mau  hadir ke acara TDA ini !   ini khan acaranya UKM, kaum marjinal !  kecil sekali  kami ini bahkan  tiap tahun dari kementrian UKM paling banter ngirim hanya deputinya saja ke acara kami,...kami ini yang ngelapak di pinggir jalan koq bisa-bisanya disapa seorang menteri ?  Tidak sepantasnya seorang sekelas menteri UKM hadir dan datang diacara ini, cukup deputi........ !  para UKM tidak mempunyai andil yang cukup bagi negeri ini sampai perlu didatangi seorang menteri, cukup deputinya saja yang hadir......!  Anggota TDA yang puluhan ribu belum berbuat banyak untuk negeri ini jadi harap maklum banyak hal lebih penting lagi bagi menteri UKM diluar sana. itu semua kami maklumi pak menteri UKM.

Saya merindukan seorang menteri seperti menpora yang berkenan hadir diacara sesederhana yang digagas komunitas  bike 2 work, mereka seakan mempunyai bapak asuh yang mengayomi kegiatan hobby dan budaya mereka.  Saya merindukan sapaan atau bahkan teguran sayang dari bapak asuh dunia usaha yang seharusnya dilakukan oleh pak menteri UKM, bukan uang  jajan yang kami impikan dari pak menteri, namun sekedar tepukan di bahu yang akan membuat kami bergegas menjemput rejeki di jalan kami-masing-masing dengan sebuah kebanggaan...kami ini anak negeri Indonesia juga.


Irwan The Chapter



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan

Teman-teman seperjalanan