INDONESIAN ICT AWARDS (INAICTA) 2013

Berkesempatan mencicipi kembali ajang awarding terbesar bagi insan IT di Indonesia merupakan suatu yang harus di syukuri, saya ingin membagikan beberapa poin yang saya dapatkan di moment ini, saat ini acara masih berlangsung dan mudah2an banyak yang bisa saya share.

Acara  INAICTA  kali ini agak berbeda dengan diadakannya  DIGITALPRENEURSHIP PROGRAM – Workshop and Business Networking.
Ada acara yang pembekalan dan networking dengan investor yang membuat kali ini berbeda.  Bertempat di Hotel Santika Jakarta, 16-17 September 2013.
Kita akan coba share materi pembekalannya dengan  kawan-kawan semua.  Mohon maaf materi dan bahasanya tidak runtut dan rapih sesuai dengan yang diberikan oleh pemateri, tapi ini bahasan yang sudah dicerna oleh saya pribadi dan bahasanyapun pastinya sangat gue banget…he..he…

SESI  I Workshop Session :  Budi Syahbudin / CEO DOQU
HOW TO BUILD A BUSINESS

Keren , Cool, Pintar dan Hebat  produk kita tidak selalu selalu berbanding lurus dengan Saldo alias Cashflow alias Money !
Karena  pertarungan produk sebenarnya bukan di awarding yang memilih produk the best namun di lapangan alias dunia nyata, membutuhkan jiwa  entrepreneurship untuk bisa sukses.

Beberapa kemampuan utama yang harus dimiliki seseorang “ Entrepreneur” diantaranya  adalah keyakinan dan Instuisi, karena dengan keyakinan dan instuisi  maka seorang Stevie Wonder bisa mengendarai Ferrari dengan kencang.

Salesmanship adalah kemampuan berikutnya yang wajib dimiliki, karena produk tersebut harus diimingisasi pada semua orang (wuiih..kacau ya vickinisasinya ya..he..he..).  Bagaimana mendapatkan perhatian  market pada produk kita, kata kunci dari salesmanship.

Kemampuan dalam bidang Teknis, Kemampuan ini memberikan jaminan bahwa seorang entrepreneurship mengetahui dengan pasti produk dan solusi yang mampu diberikan dan mampu menjaga kualitas dari produk untuk kepuasan market.

Pemahaman dalam bidang keuangan perusahaan.  Diperlukan agar kita dapat mengendalikan operasi perusahaan dan menghindari dari kesulitan dan kegagalan pembiayaan perusahaan.

Kemampuan dalam bidang Human Relationship, esensi seorang creator adalah diam dan berpikir, semua surga kalah dengan keindahan dan kenikmatan diam dan berpikir, namun  ketika membuka mata, maka kita mesti menghadapi  banyak relationship yang mesti dijaga, hubungan baik dan networking yang akan menjadi dasar bagi bisnis kita sebenarnya.

 3 Kunci keberhasilan adalah :

a. Kemampuan untuk menemukan peluang dan meng eksekusinya
b. Bertindak dengan mengelola segala sumber daya yang ada
c. Berani mengambil resiko yang ada

Bagaimana dengan motivasi untuk mencapai kesuksesan itu sendiri, untuk itu maka diperluka 4 kunci motivasi keberhasilan yaitu
1.    The Right Motivation / dorongan yang tepat untuk mengerjakan semua peluang yang ada.
2.    Kemampuan  (pengetahuan dan ketrampilan bisnis)  dengan Synergy/kolaborasi/kerjasama
3.    IDE (kelayakan dari ide yang ditawarkan).
4.    Sumber Daya (kualitas,Modal Kerja,Fasilitas)
5.    Aspek legalitas (Perusahaan/karya cipta/sertifikasi Industri)


How to buld  the Winning Team?
Segala Aktivitas maupun strategi harus terukur kesuksesan beserta resikonya.
1.    Konsep/ide hebat tidak bernilai tanpa eksekusi yang baik
2.    Eksekusi yang baik hanya dapat dijalankan dengan strategi dan implementasi yang sejalan dengan business plan
3.    Business plan yang baik tanpa organisasi yang baik tidak dapat berjalan mulus
4.    Organisasi kerja yang baik membagi peran yang tepat dengan orang yang tepat.


kemudian beberapa tips yang say temukan di sesi ini antara lain

Kontribusi ide hanya 10 %  dari kesuksesan sebuah rencana kerja

IDE SIA-SIA  TANPA EKSEKUSI DAN OPERASIONAL YANG BAIK SERTA TERENCANA

Manajemen Resiko  ditentukan   FEELING PERSONAL  / INSTUISI  yang didukung oleh analisa data dan informasi yang kita miliki.   


semoga menginspirasi


Irwan The Chapter

1 komentar:

  1. Hallo, aku Latifah penulis asal Lampung, yang aktif blogging di MantuIdaman(dot)com, sudah tahu belum kalau di Lampung banyak sekali tempat wisata yang sayang sekali untuk kamu lewatkan loh. Berikut beberapa di antaranya:

    - Museum Sejarah Lampung
    - Taman Nasional Way Kambas
    - Desa Wisata Sumber Agung

    Selamat berwisata,
    Latifah

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan

Teman-teman seperjalanan